Beli Buku yang Penting Saja

Ruth Ninajanty (30), mama dari Andrew Paundra (7) “Kalau ke mal pasti ke toko buku dan membeli setumpuk buku (including komik). Entah itu buku yang memang dia suka atau yang, ‘Si A sudah punya buku ini lo Ma, masa aku enggak punya,’ alias saingan sama temannya di sekolah. Biasanya saya batasi hanya beli 1—2 buku seminggu. Kalau mahal, 1 buku sebulan. Soalnya saya juga pasti beli buku. Kalau 1 buku harganya Rp200 ribu, trus saya beli juga, bisabisa sekali bayar belanjaan habis jutaan.”

Komentar Pakar: * Kegemaran anak pada buku perlu difasilitasi. Namun, memang perlu disiasati demi menghindari keborosan. Untuk itu, kita perlu memiliki rencana sebelum membeli buku. Bicarakan dulu pada anak tentang budget untuk membeli buku dan tetap konsisten dengan nominal tersebut. * Orangtua sebagai role model tentunya juga harus dapat mengontrol masalah pengeluaran. Penting diingat, buku itu tidak dilihat dari harga tetapi lebih dari isinya. Tak hanya dengan buku, memfasilitasi kegemaran membaca anak juga bisa dilakukan dengan membiasakannya ke perpustakaan.

Hemat vs pelit

Yang penting dalam pengelolaan uang itu bukan pendapatan, tapi pengeluaran. Dari situlah kita dapat mengerem diri agar tidak boros. Anak pun perlu tahu itu. Sikap hemat bukan berarti pelit. Sering kali kita salah kaprah antara hemat dan pelit. Hemat itu merencanakan membeli dengan melihat kebutuhan.

Sementara, pelit adalah tidak ingin mengeluarkan uang dengan alasan takut uangnya habis. Padahal yang hendak dibeli adalah benda yang dibutuhkan anak. Misalnya, untuk mengganti sepatu yang sudah kekecilan, tas yang ritsletingnya rusak, atau buku-buku peng etahuan yang berguna bagi anak.

Mengajarkan anak hidup hemat sejak dini memang sangat diperlukan agar mereka bisa terbiasa hidup sederhana sampai besar nanti. Membeli buku memang penting namun juga perlu dibatasi seberapa penting dan butuhkah buku itu harus dibeli. Karena di era modern sekarang ini semua serba online sehingga bisa dengan mudah membacanya dirumah tanpa beli buku. Portal gaya hidup hemat di internet juga bisa membantu anda dalam mengajarkan cara hemat pada anak.