7 Fakta Unik Teh yang Jarang Terungkap, Anda Juga Mungkin Belum Tahu!

Fakta tentang tehMinum teh sudah menjadi tradisi minuman wajib untuk masyarakat Indonesia. Teh tidak hanya terbuat dari daun saja, ada juga teh yang terbuat dari bunga, biji-bijian atau dari akar. Contohnya seperti teh bunga melati, daun sirsak atau bunga rosella.

Minuman yang bisa disajikan dalam kondisi dingin atau panas ini mempunyai fakta menarik dibalik kenikmatannya. Bisa jadi Anda sendiri belum mengetahuinya. Simak faktanya berikut ini:

1. Salah satu jenis Teh yang mempunyai tingkat antioksidan paling tinggi, yaitu Teh Putih

teh putih untuk diet

Sudah pernah dengar tentang Teh Putih? Jika teh hijau pasti sudah pernah dengar ya. Beda dengan teh hijau, teh putih mengandung antioksidan lebih tinggi daripada teh hijau. Harga teh putih juga lebih mahal.

Meskipun rasanya sendiri tidak jauh beda dengan teh hijau, yaitu sama-sama cenderung pahit. Teh putih cocok untuk Anda yang ingin menikmati minum teh secara maksimal karena ternyata teh putih mempunyai kandungan kafein yang rendah.

Jadi jika Anda mempunyai riwayat penyakit lambung, teh putih aman dikonsumsi. Selain itu, teh putih mampu mencegah mutasi DNA sebagai penyebab penyakit tumor.

2. Diyakini bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu menjadi penghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh

Jika Anda mengkonsumsi teh hijau untuk program diet, langkah Anda sudah tepat. Seperti teh putih, teh hijau juga mengandung kafein yang rendah.

Untuk pertama kalinya, teh hijau ditemukan di Cina pada 2737 Sebelum Masehi. Jadi sudah sekitar 4750 tahun yang lalu lho.

Tidak hanya di Indonesia, teh hijau juga terkenal di dunia. Anda bisa langsung menyeduh daun teh hijau dengan air panas untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, dibanding jika Anda menggunakan kantong teh. Dan ternyata teh hijau juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Cara mengencangkan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan bantuan teh yang kaya antioksidan ini.

3. Penyakit Batu Ginjal Bisa dicegah dengan Teh Hitam

Diyakini bahwa teh hitam mampu mencegah pembentukan batu dalam ginjal. Teh hitam mengandung 14-70 mg kafein dalam satu cangkir dan sangat aman untuk dikonsumsi.

Lama penyajiannya juga lebih cepat, sebab untuk menghidangkan 1 cangkir teh hitam hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 menit, sedangkan teh lainnya biasanya butuh waktu selama 4 menit.

4. Campuran Rasa Teh Hijau dengan Teh Hitam, Teh Oolong Namanya

Manfaat teh oolong bisa mencegah gigi rusak. Karena mampu menghambat tumbuhnya asam dari bakteri yang dapat merusak gigi. Selanjutnya teh oolong juga dapat memperkuat tulang dan menghambat osteoporosis.

Proses pembuatan teh oolong yaitu teh dipetik kemudian dijemur dibawah sinar matahari dengan temperatur dan kelembaban tertentu agar terjadi proses oksidasi.

Terbukti orang yang rutin mengkonsumsi teh oolong mempunyai tulang yang lebih padat dibanding yang tidak mengkonsumsi teh oolong.

5. Kantong teh mampu mengatasi rasa sakit pada luka

Jika Anda ingin membuang kantong teh setelah menggunakannya, jangan dulu. Karena ternyata kantong teh ini juga memiliki manfaat yang lain. Yaitu mampu mengurangi rasa sakit pada bagian luka dan menghentikan pendarahan.

6. Daun teh efektif untuk mengusir nyamuk

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, daun teh juga efektif dalam mengusir nyamuk. Caranya, cukup gosok daun teh di permukaan kulit. Nyamuk dijamin akan menjauh.

Nah sekarang jadi tambah wawasan ya tentang seputar fakta teh ini. Semoga bermanfaat!