Inilah Keistimewaan Objek Wisata Pulau Tidung

Bagi warga Jakarta, tentu saja mereka sudah tidak asing lagi dengan Pulau Tidung, objek wisata yang terletak di dekat ibu kota Indonesia ini tepatnya terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau Tidung terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, di mana kedua pulau tersebut terhubung oleh Jembatan Cinta. Tempat wisata Pulau Tidung tidak hanya penuh dengan wisatawan lokal tetapi juga dari turis asing

Keistimewaan Pulau Tidung

Selain menawarkan keindahan air laut biru jernih dan pasir putih, pulau ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu pemandangan bawah laut terumbu karang dan ikan mas yang sangat indah. Tidak hanya itu di Pulau Tidung juga merupakan Jembatan Cinta, yang merupakan ikon Pulau Tidung.

Bepergian ke Pulau Tidung tidak lengkap jika Anda belum mengunjungi Jembatan Cinta. Jembatan Cinta adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil atau memanjang dari bagian timur Pulau Tidung Besar ke barat pulau Tidung Kecil Sesuai namanya, jembatan ini menawarkan suasana romantis dengan pemandangan matahari terbenam yang indah. Selain itu, Jembatan Cinta juga sering digunakan sebagai tempat ujian keberanian. Jembatan Cinta memiliki panjang sekitar 800 meter, Anda dapat menjelajahi Jembatan Cinta dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan indah perairan di bawah Jembatan Cinta.

Penginapan dan Wisata Kuliner di Pulau Tidung

Menjelajahi semua keindahan Pulau Tindung membutuhkan waktu lebih dari 3 hari, oleh karena itu, untuk memuaskan liburan, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk bermalam. Tempat penginapan yang ditawarkan oleh Pulau Tidung adalah rumah keluarga, bukan resor atau hotel mewah. Namun, meskipun menyewa rumah penduduk juga terus memberikan lingkungan yang nyaman bagi wisatawan karena beberapa tempat penginapan ini juga menawarkan fasilitas AC dan lemari es. Keuntungan lainnya adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa rumah keluarga relatif murah, sehingga tidak menghabiskan isi dompet terlalu banyak. Meskipun setiap keluarga menawarkan harga yang berbeda, secara umum, harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 250.000 yang dilengkapi dengan fasilitas AC dan dapat ditempati oleh lebih dari dua orang. Pilihan alternatif lain untuk bermalam di Pulau Tidung adalah membangun kamp di pantai.

Dari segi kuliner, Pulau Tidung juga menawarkan berbagai pilihan kuliner. Ada beberapa kuliner yang dijual oleh pedagang di pantai. Warung nasi milik warga sekitar mematok harga mulai dari Rp. 10.000 untuk satu porsi. Anda juga bisa membeli es kelapa segar yang menyegarkan di tempat ini. Salah satu sajian kuliner favorit adalah ikan bakar khas Pulau Tidung dan makanan laut lainnya. Selain itu, tidak ada salahnya mencoba membuat barbekyu di tepi pantai sambil menikmati udara malam yang sejuk dan ombak.

Akses ke Pulau Tidung

Untuk sampai ke Pulau Tidung, kapal Muara Angge dapat menjadi salah satu pilihan transportasi air dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam, jika perjalanan dimulai dari pelabuhan Muara Angke. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai Pulau Tidung dengan kapal relatif murah, yaitu sekitar Rp 33.000 per orang. Tetapi jika Anda memulai perjalanan ke Pulau Tidung dari pelabuhan Rawasaban Tangerang, maka, menggunakan kapal penumpang jaraknya akan lebih dekat menjadi sekitar satu jam. Sebelum berangkat, disarankan terlebih dahulu menentukan jadwal kapal yang akan berangkat dan kemungkinan kapal menginap atau tidak.

Jenis transportasi air lain yang bisa Anda pilih adalah kapal khusus yang akan berangkat dari Ancol. Saat menggunakan Transfortasi jenis ini, biaya yang harus Anda keluarkan untuk sampai ke Pulau Tidung lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan perahu. Selain itu  jenis transportasi alternatif lain adalah menggunakan KM Kerapu, menggunakan jalur Marina Ancol. Secara umum, untuk mencapai lokasi Pulau Tidung, jalur Ancol atau Muara Angke dipilih oleh wisatawan dari Bogor dan Jakarta.