Membuat Es Batu Yang Berkualitas

Ketika cuaca sedang panas, biasanya banyak dari kita akan merasakan rasa haus dan dahaga datang. Untuk mengjhilangkan rasa haus dan dahaga, meminum minuman yang dingin merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kita semua. Apalagi cara membuatnya pun juga tidak terlalu rumit, cukup dengan menambahkan es batu pada minuman maka minuman tersebut akan dingin dengan sendirinya.

Es batu sebagai salah satu unsur untuk membuat minuman dingin sebenarnya sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu memasukkan air matang ke dalam cetakan es batu kemudian simpan di freezer lemari es. Setelah disimpan sekian jam, maka jadilah es batu tersebut.

Walaupun namanya es batu, tetapi es batu sendiri tidak berhubungan sama sekali dengan batu. Es batu merupakan air yang didinginkan hingga suhu dibawah nol derajat hingga membeku dan menjadi es. Selain itu, es batu sebenarnya juga bisa tercipta secara alami pada suhu yang sangat dingin di bawah nol derajat.

Pada masa sekarang, es batu lebih mudah dibuat dan dijaga agar tidak mencair. Dengan menggunakan freezer maka dapat dengan mudah membuat dan menyimpan es batu. Selain itu, freezer sendiri saat ini sangat bervariasi ukurannya. Ada freezer ukuran biasa yang digunakan untuk keperluan pribadi, maupun freezer ukuran sedang yang digunakan untuk keperluan industri.

Saat ini es batu sudah hampir menjadi kebutuhan primer. Hal ini karena begitu banyaknya permintaan akan es batu baik dari individu maupun dari industri. Untuk keperluan individu biasanya es batu digunakan untuk mendinginkan makanan dan membuat minuman yang dingin untuk kebutuhan sehari-hari. Sementara untuk industri, es batu digunakan dalam berbagai hal baik sebagai kegiatan produksi maupun sebagai produk pelengkap yang akan dijual kembali. Selain itu ada banyak tempat jual mesin pembuat es batu baik secara langsung maupun secara online, sehingga dapat memudahkan pembelian mesin produksi es batu untuk keperluan industri yang memerlukan pasokan es batu dalam jumlah besar.

Di pasaran, es batu ada beberapa jenis sesuai dengan kualitasnya. Es batu yang disajikan atau disediakan di restoran biasanya berbeda dengan es batu yang dijual di tempat yang lebih umum seperti warung atau sejenisnya. Es batu yang disajikan di restoran umumnya lebih bening dan lebih tahan lama dibanding es batu di tempat lainnya yang biasanya berwarna putih dan berkabut serta lebih cepat mencair. Es batu di restoran biasanya dibuat dengan beberapa cara berikut:

1. Membuat es batu dari air yang direbus

Untuk membuat es dengan menggunakan metode ini maka harus dipastikan air yang digunakan terhindar dari kotoran-kotoran. Setelah itu direbus sebanyak dua kali untuk memastikan agar molekul-molekul air bisa menyatu lebih keras saat dibekukan. Selanjutnya, air dituang ke cetakan es kemudian ditutup dengan plastik agar tidak ada debu yang masuk. Setelah itu dimasukkan ke dalam freezer dan tunggu beberapa jam hingga membeku dan keluarkan secara perlahan dari wadah setelah benar benar beku.

2. Melakukan pembekuan lambat dengan menggunakan freezer

Pertama-tama suhu freezer diatur untuk membekukan es, yaitu pada suhu -1 derajat Celcius. Selanjutnya cetakan es diletakkan di bagian freezer yang atas. Cetakan freezer diisi air kemudian didiamkan untuk proses pemnbekuan selama 24 jam. Proses pembekuan yang lama bertujuan agar kotoran dan gas keluar dari es batu sehingga menghasilkan es batu yang jernih.