Peralatan Klinik Tambal Gigi Jogja

Tambal Gigi Jogja Terbaik

Tambal gigi merupakan metode terbaik yang dilakukan ketika gigi berlubang atau rusak. Ada banyak penyebab gigi berlubang seperti sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, minum soda, merokok dan lainnya.

Proses penambalan gigi harus dilakukan oleh dokter yang profesional dan berpengalaman karena nantinya harus dilakukan pengamatan terlebih dahulu, apakah kondisi saraf gigi dalam keadaan tidak tegang dan sudah tidak terasa nyeri lagi.

Selain itu, dalam menambal gigi ada beberapa peralatan khusus yang digunakan untuk membantu setiap prosesnya berjalan lancar. Apa saja alat – alat nya ? berikut ini ulasannya :

Jenis Alat Tambal Gigi

Kaca Mulut (Spiegel)

Alat ini berguna untuk melihat bagian permukaan gigi yang letaknya tidak terlihat dan juga membantu menahan lidah dan bibir. Dengan menggunakan Spiegel maka setiap karang dan lubang gigi bisa terlihat dengan jelas.

Alat ini mudah untuk dirawat, setelah dipakai bisa langung dicuci. Selain itu, ketika kacanya sudah buram bisa diganti dengan yang baru tanpa harus mengganti bagian handle-nya.

Dental Pinset

Alat ini berupa penjepit yang terbuat dari bahan stainless steel dengan bagian ujung yang membentuk sudut. Biasanya dental pinste digunakan untuk menjepit kapas yang nantinya akan ditempelkan pada gigi atau bagian dalam pipi.

Sonde/Probe

Alat yang satu ini bentuknya seperti kail pancingan yang dilengkapi dengan handle atau gagang. Terbuat dari bahan stainless steel atau logam metal yang digunakan mengukur kedalaman lubang pada gigi, mencari caries, memeriksa reaksi saraf, dan sebagainya.

Perawatannya juga sangat mudah, tinggal dicuci setelah digunakan dan simpan di tempat tertutup.

Excavator

Alat excavator terbuat dari stainless steel yang bagian ujungnya seperti sendok kecil dengan berbagai jenis ukuran tergantung besar lubang gigi. Fungsi dari excavator yaitu membersihkan kotoran dan plak, mengambil fletcher yang kelebihan dan sebagainya.

Bor Gigi

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Bor gigi digunakan untuk melubangi dan meratakan bagian tepi gigi. Bentuknya mirip sekali dengan bor tapi ukurannya sangat kecil tapi cukup kuat untuk mengebor lapisan permukaan gigi.

Semua peralatan tambal gigi Jogja ini pasti ada di setiap dokter atau klinik gigi. Hampir semuanya terbuat dari stainless steel karena dapat mencegah serangan kuman dan bakteri.