Terus Mengejar Ketertinggalannya

“Untuk mengejar kematangan emosi Farhan, psikolog menyarankan untuk membiasakan Farhan menggunakan otak depannya. Caranya, dengan memberi masukan-masukan, membiasakan Farhan berpikir jangan sekadar memberinya perintah, dan tentu memberinya beragam stimulasi. Saya berusaha melakukan semua petunjuk dari psikolog itu. Alhamdulillah sampai Farhan kelas 2 SD, ia bisa mengikuti pelajaran.

Beruntung di sekolah ini, anak tidak harus duduk diam mendengarkan teori, tetapi juga ada praktiknya sehingga para murid bisa membayangkan apa yang tengah dipelajarinya. Contoh, belajar tentang gigi geraham dilakukan dengan alat peraga. Sistem pembelajaran ini amat sesuai untuk Farhan. Farhan memang tidak bisa bertahan lama dalam mengerjakan sesuatu.

mengejar ketinggalan dengan les pelajaran

Dia tidak bisa menulis lama (hanya sekitar 15 menit). Atau dia tidak bisa mengerjakan ujian sebanyak 20 soal sekaligus. Yang dapat saya lakukan adalah melatihnya di rumah. Misal, mengerjakan soal sebanyak 5 soal dan nanti berhenti sebentar 5 menit setelah itu dilanjutkan lagi. Seperti itu polanya. Farhan juga tidak mudah beradaptasi dengan perubahan yang ada. Misal, guru kelasnya ganti atau dia bersekolah kembali setelah liburan sekolah.

Ketika proses penyesuaian kembali dia kadang tidak mau masuk kelas, suka menangis di kelas. Akhirnya saya bawa lagi konsultasi ke psikolog. Setelah dua minggu barulah ia terbiasa lagi dan dapat enjoy lagi ke sekolah. Ketika saya antar dia ke sekolah di pagi hari, begitu dia turun dari mobil saya ingatkan dia untuk tidak menangis, tidak memukul teman, dan harus jadi anak baik.

Sepulang ia sekolah, saya akan lihat daily report dari gurunya. Jika tidak ada catatan aneh berarti dia mau mengerjakan tugastugasnya di sekolah. Begitulah yang saya lakukan untuk selalu mengingatkan Farhan. Semoga Farhan bisa mengejar ketertinggalan emosinya!”

Untuk mengejar ketinggalan anak di sekolah perlu juga anak diberikan pelajaran les tambahan di rumah. Salah satunya adalah pelajaran les bahasa asing online yang bisa dipantau oleh orangtua di rumah. Dengan demikian anak bisa fokus belajar di rumah dan mengejar ketinggalannya. Lembaga les bahasa asing terbaik bisa dicari di internet dengan mudah dijaman modern sekarang ini. Jadi mama tidak perlu bingung untuk mencarinya dimana.