Tips Hemat Energi dari Kulkas

Dapur merupakan salah satu ruang di rumah yang membutuhkan pasokan energi yang cukup besar. Berbagai jenis energi, dari mulai energi listrik hingga gas, terbuang setiap harinya di dapur. Kulkas (lemari es) adalah salah satunya. Walaupun energi listrik yang dibutuhkan tidak terlalu besar satu kulkas hanya berdaya kurang dari 100watt benda elektronik ini selalu dinyalakan selama 24 jam.

Energi yang terbuang di dapur memang tergantung pada cara memilihnya. Namun, cara Anda mengoperasikan peralatan tersebut juga berpengaruh terhadap besarnya energi yang terbuang. Nah, berikut ini 12 tip memilih dan menggunakan lemari es dengan baik, sehingga ia tak menguras kantong dan energi listrik di rumah Anda.

12 Tips Agar Kulkas Hemat Daya

  1. Sebelum membeli lemari es, perhatikan kebutuhan daya listriknya. Pilih lemari es yang berlabel hemat energi. Hal ini juga berlaku setiap Anda membeli peralatan listrik lainnya.
  2. Kebutuhan lemari es tentunya disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang diada di rumah. Perkiraan per orang dihitung 50 liter, apabila keluarga Anda terdiri dari 4 orang, belilah lemari es dengan volume 200 liter.
  3. Apabila jumlah anggota keluarga banyak atau keluarga besar pilih lemari es yang terpisah antara freezer dan pendingin agar hemat daya.
  4. Tetap mempertahankan lemari es lama Anda? Lebih baik ganti dengan yang baru. Anda bisa menghemat listrik hingga 40%. Sebagai contoh, lemari es yang diproduksi tahun 1990-1992, ada yang konsumsi listriknya mencapai 1100kWh, sedangkan lemari es tahun 2008-2010 dengan label “Energy Star “ hanya mengkonsumsi listrik 500kWh.
  5. Pilih lemari es yang memiliki fungsi defrost apabila sering dibuka agar terhindar dari adanya bunga es. Meskipun fitur ini memiliki kebutuhan daya listrik yang lebih besar, namun jika gunungan es sudah terbentuk, lemari es akan bekerja lebih keras.
  6. Perhatikan peletakan lemari es. Jangan letakkan di tempat yang langsung terkena sinar matahari dan tempat yang menghasilkan panas seperti kompor dan sebagainya. Berikan jarak minimal 15cm dari dinding.
  7. Hindari membuka pintu lemari es terlalu sering. Setiap 30 detik pintu dibiarkan terbuka, dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengembalikan pada suhu semula.
  8. Set lemari es di suhu ideal, yaitu untuk makanan 2-4°C dan untuk freezer -15° Lemari es sebaiknya tidak diset terlalu dingin.
  9. Ganti seal atau karet pada pintu lemari es apabila sudah rusak, agar suhu di dalam lemari es dapat terjaga.
  10. Untuk mencegah lemari es bekerja terlalu berat, jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam lemari es.
  11. Lemari es yang kosong membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Maksimalkan volume lemari es, namun jangan biarkan berantakan. Anda pasti akan membuka pintu lemari es lebih lama jika isi lemari es Anda tidak teratur.
  12. Matikan lemari es jika Anda akan bepergian lama, biarkan terbuka agar tidak terbentuk jamur di dalamnya.

Ketika listrik padam lemari es juga tidak bisa beroperasi, dan bagian es juga akan mencair. Hal ini terkadang dapat membahayakan bagian dalam lemari es karena air yang mencari bisa saja merusak komponen. Karena itulah dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif ketika listrik dair PLN sedang padam. Toko jual genset 40 kva murah Surabaya memberikan harga diskon yang sesuai dengan budget anda. Sehingga untuk rumah tangga tidak perlu khawatir akan harga genset yang terlalu mahal.