Tips Mencuci Karpet Sendiri Di Rumah

Memasang karpet dengan motif yang indah memang bisa membuat ruangan tampak lebih menawan apapun gaya interior yang Anda pilih. Tapi, karpet juga harus diperhatikan kebersihannya karena karpet sangat mudah untuk ditumpuki oleh debu, serat-serat kotoran yang beterbangan di udara bebas, bulu-bulu hewan peliharaan, rambut, dan sebagainya. Anda bisa mencoba untuk mencucinya sendiri dengan tips mencuci karpet berikut ini.

baca juga cuci karpet bandung

Membersihkan karpet sendiri secara rutin

Tips mencuci karpet sendiri yang pertama adalah secara rutin karpet harus dibersihkan meski dengan metode yang ringan-ringan. Karena makin jarang karpet dibersihkan atau dicuci, makin sulit pula ia bisa bersih sempurna meski sudah dilakukan deep cleaning secara profesional sekalipun. Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan karpet adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan penyedot debu dengan kekuatan sedot yang bagus terutama jika Anda punya hewan peliharaan berbulu atau punya anggota keluarga dengan penyakit asma dan saluran pernapasan yang lainnya. Menyedot debu karpet bisa dilakukan setidaknya dua kali seminggu.
  2. Jika ada yang tumpah di karpet langsung serap cairannya menggunakan tisu, kemudian taburkan soda kue di atas noda, biarkan sampai kering lalu sedot sisa soda kue dengan penyedot debu
  3. Semprot noda lama pada karpet menggunakan cuka lalu usap-usap lembut menggunakan kain bersih, cukup semprotkan sedikit saja jangan sampai karpet jadi basah karena akan sulit untuk dikeringkan.
  4. Bisa juga membersihkan noda menggunakan larutan air lemon dan garam.

baca juga cuci karpet buah batu bandung

Membersihkan karpet agar tidak menimbulkan bau

Karpet yang kotor juga seringkali menimbulkan bau apak yang bisa membuat ruangan jadi terasa kurang nyaman. Selain debu, karpet yang tidak dicuci dengan cara yang benar dan dikeringkan dengan cara yang salah juga akan membuat karpet jadi memiliki bau yang tidak sedap. Berikut adalah tips mencuci karpet agar tidak bau:

  1. Sebelum dicuci, sedot dulu debu karpet dengan menggunakan penyedot debu
  2. Campurkan setengah cangkir boraks, dan setengah cangkir soda kue kemudian sebarkan di karpet yang memiliki bagian noda atau yang menimbulkan bau tidak sedap. Cukup taburkan sedikit saja agar nanti mudah disedot dengan penyedot debu
  3. Diamkan karpet yang telah ditaburi campuran di atas selama minimal satu jam, sebaiknya letakkan karpet di ruangan yang bisa ditutup agar tidak terganggu orang maupun hewan peliharaan.
  4. Setelah sisa bubuk disedot karpet bisa dicuci dengan sabun dan menggunakan sikat. Itulah cara tips mencuci karpet untuk menghilangkan noda dan juga bau tidak sedap.